cerita kita


 

Saya Positif merupakan proyek inisiatif kedua yang digagas dan dimulai oleh Andri Tambunan, seorang fotografer dokumenter peraih beberapa penghargaan dan juga seorang aktivis.  Sejak tahun 2009, Andri telah melakukan proyek ini dan mendokumentasikan epidemi HIV/AIDS di Tanah Papua.

Di paruh pertama proyek ini, Andri mengeksplorasi dan mencari tahu secara lebih mendalam penyebab dan dampak yang cukup dalam atas epidemi HIV/AIDS di Tanah Papua.  Dalam pengerjaannya, ia banyak terlibat dengan beberapa LSM lokal dan kelompok-kelompok pendukung, para tenaga kesehatan, aktivis-aktivis, dan para tetuamasyarakat di wilayah tersebut.  Didorong oleh tujuan kemanusiaan, proyek ini bertujuan untuk menyampaikan dokumentasi yang akurat atas krisis HIV/AIDS yang selama ini hanya tampak di permukaan dan berdasarkan statistik semata.  Untuk meningkatkan kesadaran akan situasi yang saat ini terjadi sekaligus membawa perubahan yang sangat diperlukan, hasil karya berupa foto-foto dalam proyek ini kemudian dikembangkan dan diproduksi menjadi sebuah karya multimedia dan sebuah Buku Informatif berjudul Against All Odds.  Buku ini sendiri telah dibuat sebanyak lebih dari 200 eksemplar dan didistribusikan secara gratis ke beberapa LSM lokal maupun internasional, para aktivis, para pejabat pemerintahan serta pembuat kebijakan.

Pada tahun 2013, Andri menerima penghargaan the Catchlight Activist Grant (sebelumnya bernama PhotoPhilanthropy) untuk melanjutkan proyeknya. Sebagai upaya untuk mengurangi stigma dan rasa takut akan diskriminasi terkait dengan HIV/AIDS, Andri juga berkolaborasi dengan the Clinton Health Access Initiatives (CHAI). Selama dua bulan ia mendokumentasikan kehidupan  7 orang yang hidup dengan HIV di Tanah Papua dimana hasil proyek dokumenter ini diproduksi menjadi sebuah film berjudul Saya Positif. Adapun film ini menggunakan pendekatan yang memanfaatkan dokumentasi visual dari sisi positif orang-orang yang hidup dengan HIV, dimana pendekatan semacam ini sangat jarang dilakukan.  Tak hanya itu, profil setiap individu yang terlibat dalam film ini begitu sangat terbuka membagi pengalaman mereka hidup dengan HIV tanpa perlu khawatir menyembunyikan identitas mereka.  Film ini juga menanggapi atau meng-counter persepsi negatif public terhadap HIV/AIDS sekaligus menentang banyaknya stereotip yang merusak dan mengucilkan para individu yang hidup dengan penyakit ini.  Di awal tahun 2015, Direktorat Jenderal Kesehatan Indonesia menyetujui film ini untuk didistribusikan di berbagai klinik dan rumah sakit di Tanah Papua.  Namun demikian, sampai saat ini pemerintah daerah di provisini Tanah Papua belum merilis publikasi film ini di beberapa media mainstream dengan pertimbangan akan kekhawatiran timbulnya reaksi negatif yang berlebih dari sekelompok orang.

Agar pesan ini mencapai sasaran yang lebih luas sekaligus melibatkan khalayak publik lebih banyak di luar institusi kesehatan, Andri memproduksi koran berisi 60 halaman yang memuat beberapa kesaksian atau testimoni dan foto-foto profil para individu yang ada di dalam film. Sebanyak 1000 eksemplar telah dicetak dan publikasi ini sudah didistribusikan secara gratis di Tanah Papua dan beberapa LSM serta para pembuat kebijakan. Sama halnya dengan website ini yang juga dibuat untuk memastikan agar film maupun kesaksian individu-individu bisa diakses dengan tujuan sebagai platform dan sarana pendidikan yang menginspirasi serta melibatkan publik di Tanah Papua atau bahkan di seluruh dunia, sebagai upaya untuk menciptakan dan meneruskan dialog tentang isu ini yang pada akhirnya memicu lahirnya perubahan yang diperlukan dan pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang akan mengakhiri seluruh stigma maupun diskriminasi terkait HIV/AIDS.

 

Proyek ini tidak akan bisa terwujud tanpa kebaikan dan keberanian para pahlawan di bawah ini:


 
  • Yosua Rumkorem
  • Reni Purwoningsih
  • Wesley Kosai
  • Meri Itlay
  • Jhon Mateus
  • Ibu Ratna
  • Siti Rumkakir
 

 

Para Pembuat: 

  • Fotografi dan sinematografi: Andri Tambunan
  • Sutradara Multimedia: Andri Tambunan
  • Editor Multimedia: Nanang Sujana
  • Desain Logo & Motion Grafis: Leoni Rahmawati
  • Transkrip & Terjemahan: Andri Tambunan
  • Editor Bahasa Inggris: Jessica Chen
  • Editor Bahasa Indonesia: Okky Ardya
  • Desain Web: Creative Squeeze
     
 

 
 

Bantuan dana untuk proyek ini sebagian didukung oleh the Catchlight Activist Grant.


Untuk informasi umum, silakan melengkapi formulir atau menulis langsung ke Positifsayapositif@gmail.com.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Andri Tambunan, silahkan kunjungi website www.Andritambunan.com.


HUBUNGI KAMI

Nama *
Nama